Rangkuman Materi PTI 1


A.   Data dan Informasi
Data adalah representasi dari dunia nyata berupa huruf, nomor, text, simbol, gambar, suara atau kombinasinya.
Informasi adalah data yang sudah diolah atau dimanipulasi
Data akan mengalami proses sebelum jadi informasi baik informasi yang Perfect (sempurna, pasti) maupun informasi yang Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian)
Beberapa sumber informasi yaitu :
      Pengataman lapangan (observasi)
      Kuesioner
      Kejadian/event (pencatatan/perekaman)
      Pemodelan (simulasi, forecasting)
      Media massa
      Alat telekomunikasi
      Alat elektronis
      Dll
Karakteristik informasi yang baik diantaranya : tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, berdasarkan fakta, dan masih banyak lagi karakteristik lainnya.
Evolusi Abad Informasi
1.         Abad Pertanian (Tahun < 1800) : Bertani dengan menggunakan tenaga manusia dan tangan
2.         Abad Industri (1800 – 1957) : Bekerja di pabrik dengan menggunakan tenaga manusia dan mesin (mulai ada perkembangan namun masih bersifat semi-automatic)
3.         Abad Informasi (1957 – sekarang) : Pekerja terdidik yang menggunakan tenaga dan teknologi informasi (memanfaatan teknologi informasi)
Masyarakat Informasi adalah suatu masyarakat yang kebanyakan dari orangnya bekerja di bidang penanganan informasi daripada bekerja di bidang pertanian dan industri

B.        Teknologi
Definisi Teknologi
     Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis
     Aplikasi praktis dari sains dalam industri atau bisnis
Atau teknologi juga bisa diartikan sebagai pemanfaatan ilmu sains secara praktis untuk berbagai kebutuhan diantaranya industri, bisnis dll.

TEKNOLOGI INFORMASI
Adalah :
§      Berdasarkan Kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
§      Menurut Turban: The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization
Secara garis besar Teknologi Informasi berarti penggunaan atau pemanfaatan teknologi untuk menyimpan, menganalisis, mengolah, atau mendistribusikan informasi.
Tujuan dari Teknologi Informasi yaitu memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Sedangkan Fungsinya adalah menangkap (Capture), mengolah (Processing), menghasilkan (Generating), menyimpan (Storage), mengambil kembali (Retrieval), melakukan transmisi (Transmission), dsb.

Komponen utama teknologi informasi:
1.      Hardware
Hardware (Perangkat Keras) adalah bentuk fisik dari komponen – komponen yang menyusun suatu teknologi tertentu
2.      Software
Software (Perangkat Lunak) adalah suatu perangkat tidak nyata yang terdapat didalam sebuah teknologi yang merupakan representasi dunia nyata atau penghubung antar hardware untuk melakukan fungsi tertentu
3.      Brainware
Brainware adalah otak / manusia yang menjalankan teknologi informasi

Leave a Reply